Jumat, 25 Mei 2012

Kompetensi Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNTIRTA

A. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)
1. Mengerti dan memahami aspek teoritis dan praktis dari pekerjaan hubungan masyarakat dalam berbagai setting organisasi pemerintah dan swasta.
2. Mengerti dan memahami aspek teoritis dan praktis dari pekerjaan jurnalistik dalam berbagai media cetak dan elektronik.
3. Mengerti dan memahami ketrampilan komunikasi lisan dan tulisan.
4. Mengerti dan memahami ketrampilan melakukan riset opini publik, pencitraan, pemecahan masalah, dan kampanye untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik terkait.
5. Mengerti dan memahami pengetahuan dan ketrampilan dalam menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita dalam kerangka etika dan hukum media massa.
6. Mengerti dan memahami teknik eksplorasi berita, analisis berita dan riset media, menerapkan ketrampilan jurnalistik dengan memperhatikan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

B. Ketrampilan Intelektual (Intellectual Skill)
1. Mampu menerapkan ketrampilan melakukan riset opini publik, pencitraan, pemecahan masalah, dan kampanye untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik terkait.
2. Mampu menerapkan ketrampilan komunikasi lisan dan tulisan.
3. Mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita dalam kerangka etika dan hukum media massa.
4. Mampu menerapkan teknik eksplorasi berita, analisis berita dan riset media, menerapkan ketrampilan jurnalistik dengan memperhatikan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.
C. Ketrampilan Praktis (Practical Skill)
1. menguasai ketrampilan melakukan riset opini publik, pencitraan, pemecahan masalah, dan kampanye untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik terkait.
2. Menguasai ketrampilan komunikasi lisan dan tulisan.
3. Menguasai ketrampilan dalam menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita dalam kerangka etika dan hukum media massa.
4. Menguasai teknik eksplorasi berita, analisis berita dan riset media, menerapkan ketrampilan jurnalistik dengan memperhatikan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

D. Ketrampilan Managerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude)
1. Menjunjung tinggi norma, tata-nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional.
2. Mampu berkomunikasi secara efektif
3. Mampu memberikan solusi atas permasalahan di bidang komunikasi dalam konteks mayarakat baik nasional, regional maupun internasional.
4. Mengerti isu-isu perkembangan komunikasi kontemporer atau mutakhir.
5. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
6. Mampu untuk mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.
7. Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.

Catatan:

1. Kompetensi untuk seluruh lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi meliputi kompetensi-kompetensi : A1, A2, A3, A4, A5, A6, B1, B2, B3, B4, C2, D1, D2, D3, D4, D5, D6 dan D7.
2. Kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi konsentrasi Kehumasan meliputi : seluruh kompetensi pada item 1 ditambah C1.
3. Kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik meliputi : seluruh kompetensi pada item 1 ditambah C3 dan C4..

By KomunikasiKita with No comments

0 komentar:

Posting Komentar